Senin, 19 September 2011

Tips Memilih Tes Kesehatan Wanita Menurut Usia

Bagi para wanita berapapun usianya, ada beberapa tes kesehatan yang mesti dilakukan. “Saat ini, sebetulnya banyak sekali penyakit yang dapat dicegah, lewat beragam tes yang dilakukan,” ungkap Lori Farnan, M.D., seorang instruktur pada pengobatan klinik di Harvard Medical School. Masing-masing wanita, membutuhkan tes kesehatan tertentu berdasarkan usianya. Tes kesehatan bagi wanita menjadi penting karena begitu banyak penyakit wanita berbahaya yang  dapat dideteksi sedari awal. Berikut ini tipsanda akan menguraikan Tips memilih Tes Kesehatan Wanita Menurut Usia:

1. Usia 20-an. Di usia ini, Anda disarankan memeriksa kolesterol. Bila normal, tes biasanya harus diulang setiap 5 tahun. Anda harus rajin mencari pengetahuan soal kesehatan secara umum serta konseling kesehatan.

2. Usia 30-an. Di usia ini, Anda akan tetap melakukan tes yang sama di  di usia 20 tahun. Lakukan mammogram jika Anda mempunyai keluarga yang menderita kanker payudara. Anda pun harus mulai memperhatikan masalah kesehtan tulang. Hal ini amat perlu dilakukan, mengingat masalah osteoporosis dapat terjadi di sekitar akhir usia 30-an.
3. Usia 40-an. Di awal usia 40 tahun, Anda dapat menambah mammogram untuk tes kesehatan. Mammogram sendiri untuk melihat adanya kanker payudara, yang direkomendasikan setiap tahun dari usia 40-50 tahun, dan setiap tahun setelah itu. Dokter pun biasanya akan menyarankan untuk diet dan fitness. Tes lainnya untuk mengetahui kanker colorectal dan tes darah untuk mengetahui kondisi darah.

4. Usia 50-an. Di awal 50 tahun, Anda perlu menambahkan tes masa tulang seperti halnya tes tiroid dalam daftar check up Anda. Di usia 55 tahun, Anda disarankan untuk mendapatkan vaksin influenza setiap tahun. Namun pada wanita yang memiliki asma atau masalah pernapasan sebaiknya  diberikan vaksin influensi lebih awal.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar