Minggu, 04 September 2011

Tips Memberikan Hal-Hal Terbaik Buat Sahabat

“Belum lama ini sahabat saya, Olla, menikah. Sialnya, pernikahannya bertepatan dengan deadline pekerjaan yang mengharuskan saya lembur. Padahal saya diminta membantu prosesi pernikahannya. Sempat bingung memilih antara pekerjaan atau sahabat. Apa lagi hari itu adalah momen penting dalam hidupnya. Akhirnya saya putuskan membantu pernikahannya dan berasalasan sakit pada si bos.” Nina, 26, Lajang, Jurnalis. Coba putar  kembali memori Anda. Ketika Anda patah hati, siapa yang menjadi tumpahan curahan hati, saat Anda terpuruk, siapa yang membantu Anda bangkit? Orang bernama sahabat bukan? Sudahkan Anda memberikan balasan kebaikan mereka? Berikut ini Tips bagaimana memberikan hal-hal (sepele) terbaik untuk Sahabat Anda:

1. Keep Contact. Oke, rutinitas seringkali membuat Anda tak sempat bertemu dengan sahabat. Tapi, tapi berarti Anda megnhilang begitu saja tanpa kabar. Menelpon hanya untuk ber-say hello dan menayakan kabarnya adalah tindakan yang sangat berarti buat sahabat. Sehingga jalinan persahabatan Anda dengannya tetap terpelihara dengan baik.

2. Balas SMS. Hal sepele terkadang Anda abaikkan. Yap, membalas SMS secepat mungkin. Karena menganggap SMS itu hanya dari sahabat, bukan dari klien penting, Anda menganggap remeh. Nanti saja ah, dibalasnya, begitu janji Anda setiap kali. Tapi, dari waktu ke waktu, Anda kerap lupa membalasnya. Cobalah untuk mengubah kebiasaan malas ini. Di seberang sana, sahabat Anda sedang mengunggu balasan Anda lho atau bahkan jawaban Anda memang sangat berarti buat sahabat Anda karena dia sedang membutuhkan bantuan Anda.
3. Sempatkan Bertemu. Kapan terakhir kali Anda bertemu dan bersenang-senang dengan sahabat? Bila Anda sulit mengingat ada baiknya Anda segera menyiapkan waktu untuk bertemu dengannya. Sekedar ngopi bersama usai jam kerja, atau menyediakan waktu sehari khusus untuk bertemu dan bersenang-senang bersama sahabat. Atau manfaatkan teknologi. Jika pertemuan tidak memungkinkan dilakukan di ‘darat’, Anda bisa kongko bareng di dunia maya.

4. Tell The Truth. Ketika dia keluar jalur atau melakukan kesalahan yang akan merugikan dirinya, tugas Andalah sebagai sahabat untuk mengingatkannya. Kalaupun dia tak menerima masukkan Anda, tak perlu khawatir, di lain waktu ia akan memikirkan ucapan Anda. Tapi ingat, sampaikan kritik Anda dengan cara yang baik agar tidak menimbulkan sakit hati.

5. Pinjamkan Telinga. Ada kalanya, ketika sedang tertimpa maslaah, Anda hanya ingin menumpahkan isi hati pada sahabat tanpa mengharapkan mendapatkan ceramah darinya. Begitu juga yang sahabat Anda inginkan dari Anda. Jika sahabat Anda hanya perl menjadikan Anda sebagi tempat sampah, pinjamkan saja telinga Anda. Bersabarkan mendengar segala curahan hatinya. Berikan saran, hanya ketika ia meminta pada Anda.
6. Jadi Cheer Leader. Ketika Anda tahu sahabt Anda tengah terpuruk akibat patah hati atau hal lainnya, beradalah di sisinya. Berikan kata-kata penuh semangat. Terkadang sahabat hanya perlu diyakinkan bahwa dia tak sendiri dalam menghadapi persoalannya. Misal, ketika dia baru putus dari kekasihnya dan rasa rindunya pada sang kekasih memuncak, katakan padanya untuk menelpon Anda ketika dia ingin sekali menghubungi mantan kekasihnya.

7. Hadir di Hari Pentingnya. Sempatkanlah datang di hari-hari penting dalam hidupnya, entah itu perayaan ulang tahun, pernikahan dan hari penting lainnya. Bila perlu ikutlah terlibat di dalamnya. Jadi seksi sibuk di hari pernikahannya, membantunya mencarikan baju pesta, atau merencanakan persta kejutan di hari ulang tahunnya bisa Anda lakukan untuk menyenangkan sahabat.

8. Memberi Dukungan via Online. Saat ini status seseorang melalui Facebook atau twitter terkadang (sebagian besar) mencerminkan suasana hatinya kala itu. Sebagai sahabat tidak ada salahnya Anda memberikan ‘dukungan’ baik ketika dia bahagia atau sedih, melalui komentar di statusnya atau replay status twitter-nya. Dukungan Anda tersebut, setidaknya menunjukan pada sahabat Anda bahwa walaupun terpisah dalam jarak Anda masih tetap berada di sisinya dan tidak akan pernah melupakannya walau sudah lama tak berjumpa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar